24 Aplikasi Edit Foto Android Terbaik Milik Para Fotografer

Aplikasi Edit Foto Android Terbaik – Apakah kamu doyan selfie? Aplikasi editor foto Android mungkin bisa membuat fotomu lebih berkualitas layaknya hasil jepretan kamera DSLR.
 

Memang saat ini sudah banyak smartphone yang dilengkapi dengan kamera berlensa tinggi serta segudang fitur edit foto di dalamnya, tapi kadang beberapa orang tidak puas dengan kinerja editor foto tersebut.
 

Seperti kita ketahui bersama, Playstore menyediakan banyaaak sekali aplikasi edit foto untuk android yang bisa didownload, ada yang gratisan dan ada pula yang berbayar. Bagi kamu yang ingin sekedar edit foto biasa, saya sarankan pilih yang gratis dulu aja deh.
 

Meskipun gratis, bukan berarti aplikasi edit foto tersebut tidak berkualitas. Justru beberapa aplikasi editor foto android gratislah yang menawarkan beragam fitur editing canggih. Penasaran kan? Berikut beberapa aplikasi edit foto android terbaik 2016 yang bisa kamu coba.
 

Aplikasi Editor Foto untuk Android Gratis Terbaik           
1. Adobe Lightroom Mobile 
aplikasi edit foto android terbaik gratis

Aplikasi lightroom mobile merupakan aplikasi edit foto android yang baru saja dirilis oleh Adobe, guna melengkapi ikon lightroom mereka pada perangkat Android.
 

Aplikasi satu ini difungsikan untuk mengubah atau memperbaiki format gambar RAW dengan tujuan meningkatkan kwalitas foto menggunakan berbagai alat dan fitur menarik di dalamnya.
 

Dalam lightroom kita dapat memainkan atau memanipulasi segala macam warna sesuai dengan selera sendiri, mengubah resolusi gambar, dan bahkan ukuran foto.
 

Selain itu, terdapat pula fitur berupa Spot Removal dan Adjusment Brush yang akan membersihkan noda di foto kamu, misalnya seperti noda bekas jerawat ataupun kotoran lainnya.
 

2. PicsArt Photo Studio 
aplikasi edit foto android terbaik gratis

Banyak sekali aplikasi edit foto android yang bisa kita pakai, termasuk salah satunya adalah picsart photo studio. Hampir sama dengan aplikasi editing foto lainnya, picsart menawarkan beragam fitur menarik yang bisa kamu coba. Kamu bisa memakai kamera standar kemudian menambahkan beberapa efek khusus dari picsart ini.
 

Terdapat pula picture editor yang memungkinkan kita dapat menggunakan beberapa fasilitas editing seperti stiker, frame, collages, bolders, teks efect, clipart, crop, rotate, dan masih banyak lagi. Ada juga fitur Magic efek yang akan membuat foto kamu lebih hidup dan cerah berseri. Dowload langsung sendiri aja deh untuk membuktikannya!
 

3. Picsay – Photo Editor
 
aplikasi edit foto android terbaik gratis

User friendly, ringan, dan simpel, mungkin itulah kata-kata yang paling tepat untuk aplikasi picsay ini. Ada banyak fitur edit foto menarik yang dijamin akan membuat fotomu semakin keren. Salah satu fitur paling sering digunakan usernya adalah cutout, yaitu mengubah dari satu objek ke objek lain. Misalnya kamu ingin mengubah muka menjadi mirip binatang, boneka, patung, dsb.
 

Terdapat juga fitur doodle yang bisa digunakan untuk menggambar apapun diatas foto. Satu lagi fitur menarik yang paling saya sukai dari aplikasi ini yaitu fitur 2D animation, dimana kita bisa menambahkan gambar-gambar 2D yang sudah disediakan oleh picsay. Tetapi, untuk menggunakan fitur 2D animation gambar sebelumnya sudah harus didownload dulu.
 

4. Photo Editor by Aviary 
aplikasi edit foto android terbaik gratis

Photo editor by aviary memiliki fitur yang lebih banyak dibanding aplikasi edit foto android lainnya. Beberapa fitur yang menonjol dalam aplikasi ini antara lain seperti filter, stiker, red eye, blur, dan bahkan pemutih gigi. Dari banyaknya fitur editing tersebut, filter cenderung paling banyak digunakan penggunanya.
 

Berbeda dengan fitur filter pada aplikasi lainnya, photo editor by aviary ini menawarkan suntingan filter lebih simpel. Kamu bisa melakukan edit foto hanya dengan menggunakan satu jari saja. Cukup simpel kan? Oleh sebab itu, aplikasi ini sangat cocok bagi kamu yang suka editing cepat dimana pun.
 

5. Autodesk Pixlr/Pixlr Express 
aplikasi edit foto android terbaik gratis

Autodesk pixlr merupakan aplikasi edit foto yang sudah cukup populer di Amerika Serikat dan sekitarnya. Fasilitas di dalamnya memungkinkan kamu menggunakan beberapa fitur menarik seperti efek filter keren dan bingkai unik yang telah disediakan oleh pihak pixlr.
 

Efek luar biasa yang ada dalam autodesk membuat penggunanya banyak yang memberikan ranting 4.4 di Playstore. Salah satu fitur editing yang bisa kamu coba adalah autofix. Fitur ini memudahkan kita melakukan editor banyak foto sekaligus, tidak hanya satu-satu layaknya aplikasi lain.
 

6. Snapseed 
aplikasi edit foto android terbaik gratis
Snapseed sebenarnya merupakan aplikasi edit foto android buatan Nik, namun aplikasi ini ternyata sudah dibeli oleh Google. Kabarnya aplikasi snapseed menjadi saingan ketat Instagram.
 

Meskipun tak sepopuler instagram, aplikasi ini memiliki beberapa keunggulan dibanding instagram, seperti misalnya mampu menjalankan fungsi adobe dalam versi mini.
 

Dalam aplikasi snapseed juga terdapat fitur auto correct yang secara otomatis akan langsung menyesuaikan warna, crop, dan tone image sesuai yang kamu inginkan. Dikarenakan aplikasi ini cukup sederhana, men-settingnya pun juga tak terlalu sulit seperti aplikasi lain.
 

7. BeFungky Photo Editor 
aplikasi edit foto android terbaik gratis

BeFungky adalah editor foto paling sederhana dan sangat mudah dalam pengoperasiannya. Walaupun sederhana, aplikasi ini tetap menyediakan puluhan efek dan berbagai alat edit yang tebilang lumayan lengkap.
 

Fitur-fitur yang ada di dalamnya meliputi membuat meme teks, memasang frame, menambahkan foto, dan yang paling saya sukai adalah fitur mengubah foto menjadi kartun serta fitur pengubah tonal.
 

Fitur pengubah tonal ini terbilang beragam, ada gaya retro, vintage, sun brust, serta pop art yang paling sering digunakan. Meskipun ada batasan penyimpanan resolusi, tapi setidaknya kamu sudah bisa merasakan fitur-fitur canggih dari aplikasi edit foto satu ini.
 

8. Cupslice Photo Editor 
aplikasi edit foto android terbaik gratis

Ternyata tidak semua aplikasi edit foto android terbaik itu buatan developer luar negeri lho. Cupslice photo editor merupakan salah satu contoh aplikasi edit foto terbaik yang telah berhasil dirilis oleh developer lokal tanah air tercinta.
 

Bisa dibilang, cupslice photo editor ini adalah instagramnya orang Indonesia. 
Hampir semua fitur yang disediakan dalam aplikasi ini mirip dengan jejaring sosial instagram. Ada sekitar 50 fitur editing menarik yang bisa membuat fotomu terlihat lebih berkualitas.
 

Salah satu fitur menarik dalam cupslice menurut saya adalah penempatan badge, yaitu sebuah tulisan menarik seperti cetakan pada kaos. Oleh sebab itu, langsung saja download aplikasi edit foto android satu ini sekarang juga.
 

9. Fotor Photo Editor 
aplikasi edit foto android terbaik gratis

Fotor photo editor menawarkan beberapa fitur editing yang bisa kita gunakan langsung secara bersamaan. Dengan demikian, kita bisa memperoleh hasil editing yang lebih bervariasi.
 

Terdapat pula penambahan teks, stiker, dan frame bagi para pengguna yang mungkin menyukainya. Warna-warnanya pun sangat beragam, kita bisa mencampurkan beberapa warna untuk mendapatkan hasil terbaik.
 

10. Pho.to Lab 
aplikasi edit foto android terbaik gratis

Pho.to lab tersedia gratis di Playstore dan bisa kita download dengan bebas. Aplikasi ini akan membantu pengguna memperbaiki hasil jepretan sampai menjadi foto bak majalah bergengsi.
 

Tenang, efek jadul juga tersedia dalam pho.to lab, sehingga meskipun fotomu baru tetap akan terlihat jadul layaknya peninggalan kakek-nenek jaman dulu. Jangan lupa gunakan 18 efek, 10 filter, 500 frame, sekaligus empat musim berbeda agar foto terlihat semakin sempurna.
 

11. Photo Effects Pro
 

aplikasi edit foto android terbaik gratis

Aplikasi ini nampaknya diperuntukan bagi kamu yang ingin melakukan editing foto simpel tanpa banyak alat. Fitur-fitur di dalamnya bisa kita akses dengan mudah hanya menggunakan satu jari tangan saja.
 

Photo effect pro sangat pas digunakan untuk editing standar seperti memotong, mengubah ukuran gambar, menyeimbangkan warna, dan sejenisnya. Aplikasi edit foto sederhana ini bisa kita download gratis sekarang juga di Playstore.
 

12. Photo Mate R2 
aplikasi edit foto android terbaik gratis

Mau aplikasi edit foto yang sering digunakan fotografer dunia? gunakan saja photo mate r2. Aplikasi ini bisa melakukan editing foto beresolusi berapapun, baik itu resolusi yang rendah sampai paling tinggi.
 

Photo mate r2 telah dilengkapi dengan fitur editing yang sering digunakan oleh para fotografer profesional, misalnya seperti vibrance, clarity, sharpening, free reduction, koreksi lensa, dan masih banyak lagi.
 

Aplikasi edit foto android terbaik lainnya:
 

13. Photoshop Touch for Phone
14. Rage Comics Photo Editor
15. Moment Cam
16. Camera 360
17. Shift
18. Auto Photo Background Changer
19. VSCO Cam
20. Bonfire Foto Editor
21. Photo Editor Pro
22. Tiny Planet
23. Diptic
24. Phonto

 

Share :